Thursday, April 26, 2012

Jerawat? Go Away!!


안녕하세요~ しずか 입니다 ^^
Lama tak berjumpa, hehe~ kali ini gue pengen bahas tentang jerawat. Gue yakin ga ada seorang wanitapun yang bisa bebas dari yang namanya jerawat, nah maka dari itu disini gue pengen bahas. Mungkin ada sebagian dari kalian yang masih bermasalah dengan jerawat? Tenang! Bukan hanya kalian ko, gue juga, hehe TAPI sekarang gue gak terlalu banyak jerawatnya dibanding yang dulu-dulu. Jadi pahami dan pelajari! (dikira apa coba =ε=)

Jerawat timbul karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti Lingkungan, Keturunan, Hormon, Usia, Kebiasaan hidup dan Jenis Kulit. Sebagian dari remaja seperti gue, jerawat dipengaruhi oleh Usia, karena kita masih masa puber, yaitu masa diantara anak-anak menuju dewasa jadi ada pergantian kulit. Misalnya waktu kecil kulit kita semulus pantat bayi (?) nah tiba-tiba pas udah sebesar ini kulit kita menjadi sekasar lidah buaya, iihhh.. makanya untuk merawat kulit berjerawat akibat masa remaja itu lebih sulit daripada masa dewasa.

Gue pengen berbagi pengalaman, waktu itu gue pernah saking keselnya ngeliat wajah gue yang sumpah banyak tumbuh benjolan merahnya, gue sampai ngadu ke nyokap gue dan marah-marah sendiri, gue bilang gue rasanya mau nonjok muka gue sampe mati, dan tebak jawaban nyokap gue apa? Ini “mau mati? Yaudah!” njir kan? Tapi gue langsung diem kesel dan nyokap kembali ngelanjutin “Dek, jerawat remaja itu sama kayak pergantian kulit. Lambat laun akan hilang sendiri dan berubah menjadi yang lebih baik, tergantung bagaimana kamu merawatnya. Seperti pergantian kulit, kalau kamu mengelupas kulit itu dengan kasar, bukannya sembuh tapi luka yang kamu dapat, coba kalau di lupas dengan baik dan hati-hati hasilnya? Atau tidak di diamkan saja, lama-lama akan hilang” ucapan nyokap ini buat gue ngangguk-ngangguk setuju “ Tapi kan selama masa pengelupasan itu makin hari makin buruk dan jelek” bantah gue “Iya, tapi setelah pengelupasan itu selesai, akan berubah jadi kulit yang bagus dan mungkin bisa lebih bersih kan?”

Sekarang begini, sesuai dengan ucapan nyokap gue, jadi kita –para remaja- gak perlu banyak beli kosmetik-kosmetik yang menjanjikan kulit bersih malahan yang ada kalau kosmetik itu ga cocok bisa menambah jerawat, uhh u,u sebenernya sebagian kosmetik itu ditunjukan pada orang-orang yang umurnya diatas 17tahun alias dewasa, meskipun ada kosmetik yang untuk para remaja tapi percuma sih, toh lama-lama kulit kita bakal bagus lagi kok

Beberapa diantara kalian pasti ada yang bertanya seperti ini “Bagaimana dengan fenomena wajah bopeng?” atau “Mamaku masih berjerawat padahal dia sudah dewasa”

Jawabannya adalah..
1.       Bopeng adalah kumpulan beberapa jerawat atau bekas jerawat yang membentuk beberapa lubangan kecil di wajah. Bopeng terjadi karena masalah perawatan kulit yang kurang tepat. Salah satu orang yang gue kenal, dia bopengan dan saat gue tanyain itu karena kebiasaannya yang suka memencet jerawat dan memakai banyak produk kosmetik saat remaja. Sekarang begini, kalau kalian ingin kulit tanpa jerawat, usahakan jangan pernah sesekalipun memencet jerawat!

2.       Itu bisa saja dikarenakan hormonnya yang kelebihan, atau faktor keturunan dan mungkin kebiasaan juga seperti memencet jerawat misalnya. Tanyakan pada mamamu, mengapa ia bisa berjerawat? Kalau mamaku itu dikarenakan pola makan (dia sering makan makanan yang berminyak) jadi mulai sekarang, jauhkan makanan berminyak!

Tentang kosmetik begini, sebenernya juga gue ga bisa lepas semua dari yang namanya kosmetik, entah itu bedak, bb cream, pelembab, sabun cuci muka dsb., sekarang kalau seperti itu dan atau sudah terlanjur membelinya, perhatikan baik-baik untuk siapa kosmetik itu digunakan! Misal : Kondisi kulit kalian adalah beminyak, tapi kosmetik yang kalian gunakan itu untuk kulit kering! Ini bahaya! Kandungan air dan minyak dalam kosmetik kulit kering itu banyak, kalian bisa bayangkan bagaimana kalau wajah yang berminyak memakai kosmetik untuk kulit kering akan semakin banyak pula kandungan minyak dan airnya. Dan bisa juga kebalikan dari itu, misal : Kondisi kulit kering tapi memakai kosmetik berminyak, bahan kosmetik berminyak itu kebanyakan untuk menyerap minyak di wajah, kulit kering yang kandungan minyaknya di serap akan semakin kering dan bisa memperparah kulit, kulit bisa menjadi sangat rapuh dan sangat kering atau bisa juga merasa sakit karena ada perasaan tertarik yang sangat kuat. Makanya, perhatikan baik-baik untuk siapa kosmetik itu digunakan! ^_^

Nah kalau kosmetik yang gue pakai itu simple, gue hanya memakai bedak, bb cream, pelembab, dan sabun cuci muka. Kalau ada yang melihat foto-foto gue dengan eyeliner dan mascara, sebenernya itu milik kakak gue dan gue jarang memakainya, hehe ^^. Tentang merek-merek yang gue gunakan adalah bedak pixy (khusus kulit berjerawat), kadang bedak bayi hehe. bb cream Maybelline (gue pakai bb cuma untuk saat sibuk, pergi jauh –bukan sekolah- dan foto-foto itupun kadang), pelembab wardah dan garnier (dua-duanya jarang gue pakai) dan sabun cuci muka vigen dan mustikaratu pepaya. Merek-merek yang cukup terkenal, kecuali vigen. Apa itu vigen?

Vigen adalah tempat terapi di dekat rumah gue (perum 1, Tangerang), barang-barang yang mereka bawakan langsung impor dari Korea Selatan, nyokap biasanya pagi-pagi terapi disitu, dan karena sekolah gue masuk pagi, gue ga pernah sekalipun kesana. Nah selain menjadi tempat terapi, disana juga menjual beberapa alat yang membuat wajah atau tubuh kita menjadi bagus, salah satunya sabun cuci muka. Gue pun membelinya karena kata nyokap, selain membuat kulit bersih dan putih juga menghilangkan jerawat. Sabunnya itu batangan dan kurang lebih sebesar sabun mandi Lux (batang) harganya juga ga murah, Rp 70.000,00 . sebenernya emang mahal, tapi karena gue orangnya royal jadi gue beli dan nyokap bener, jerawat gue dikit demi dikit menghilang! Hahaha! Dan kalau kalian ga mampu beli karena kemahalan dan atau tidak ada yang menjual di dekat rumah, pakai sabun JF Sulfur juga bagus ko (katanya) atau pakai sabun mustikaratu pepaya (sabun itu bisa dipakai di tubuh maupun di wajah)

Masalah bb cream juga bagus! Awalnya setelah gue searching di google dan baca beberapa majalah, gue pengen beli bb cream merek asli korea seperti Etude, atau enggak merek Indonesia yaitu Caring Colours. Tapi dikarenakan harga (BB Cream Etude itu lumayan mahal, tapi gue suka tokonya di Lippo, kenapa? Karena ada patung Minho disitu!! Hahaha) dan keadaan tempat yang gue beli (waktu itu gue beli di Lippo Karawaci sewaktu ada kejadian sebagian Lippo pemadaman api dan toko Martha Tilaar lagi tutup), gue pun memutuskan untuk beli bb cream merek maybelline, harganya itu Rp 39.000,00 dan kecil, tapi SPFnya 26 dan PA+++ suka ada iklannya kok ^D^

Awal pakai BB Cream itu seperti pakai topeng! Tapi biar ga kayak pakai topeng, sebelum pakai itu wajah kita harus ditepuk-tepuk ringan dulu dan setelah pakai berikan waktu untuk meresap baru pakai bedak. Kenapa harus pakai bedak? Itu agar membuat wajah menjadi kering dan tidak berminyak tapi untuk kulit kering, kalian bisa menggunakan pelembab sebelum memakai bb cream ^^

Oiya masalah masker, peeling maupun pemijatan itu juga penting! Setelah gue berusaha membandingi, tulisan Nadia eon itu emang benar, kalau masker bubuk lebih bagus daripada masker instan, masker instan itu cocok-cocokan sama jenis kulitnya kalau masker bubuk itu kebanyakan enggak. Nah masalah merek, sebenernya terserah kalian mau memakai merek jenis apa, tapi kalau gue dari dulu pakai merek mustikaratu, hasilnya? Ehm- lumayan ^^. Kalau peeling? Itu juga bagus untuk masalah mengangkat sel kulit mati atau bekas jerawat. Kalau gue pakai peeling mustikaratu kulit kerang katanya sih bagus. Kalau pemijatan itu juga emang penting! Muka perlu rileks juga, jadi lakukan pemijatan di pipi, hidung, kening, dagu dengan gerakan memutar. Semua itu dilakukan 2x seminggu

Oiya, di buku Fantastic Cosmetic juga bilang kalau BAB itu penting untuk masalah wajah. Jadi BAB lah dengan rutin, dibandingkan night cream, BAB lebih bagus dan gratis, hahaha

Dan sekian mengutip ucapan mba-mba di lippo yang ngasih tips begini “Coba deh, sering cuci muka memakai air beras, orang Jepang sering melakukannya, kita hanya mencoba seperti mereka aja, kulit orang Jepang bagus karena kebiasaannya yang seperti itu” di Fantastic Cosmetic juga bilang begitu, cuma gini masalahnya, bagaimana kalau ada zat berbahaya nya? Nah, maka dari itu pakailah air dari beras yang sudah dicuci 3x

Di suatu blog yang pernah gue baca, katanya rambut cukup penting untuk dirawat karena bila rambut itu kotor, kotorannya bisa saja berpindah ke wajah kita, jadi sering-seringlah merawat rambut karena selain mahkota wanita, rambut yang bersih juga salah satu mencegah datangnya jerawat :^

Tipsnya..
1.       Jangan memencet jerawat dan jangan memakai banyak kosmetik!
2.       Kalau mau pakai bahan alami seperti misal masker dari yang buah-buahan, cuci buah itu sampai bersih hati-hati karena takut ada bahan pestisida atau bahan berbahaya yang tertinggal.
3.       Jangan mudah tergiur pada kosmetik yang menjanjikan kulit sehat! Biasanya kosmetik yang seperti itu diperuntukan kepada kaum dewasa. Hati-hati juga dalam memilih kosmetik, waktu itu gue liat di Trans TV ada pedagang curang yang menggunakan batu bata untuk membuat bedak, kalau gue untuk membeli kosmetik biasanya membeli di mall atau kalau dipasar melihat kualitas tempat kosmetik tersebut, kalau kualitasnya jelek tidak tertutup kemungkinan kalau itu bukan barang asli
4.       80% percaya sama ucapan ibu! Karena ucapan dari ibu biasanya benar kecuali kalau ibumu sotoy

감사합니다  ㅅㅁㅅ


6 comments:

  1. Haloo :)
    Info dong kalo mau beli sabun cuci muka vigen nya itu dmna ya?:D

    ReplyDelete
  2. Kamu blog nya keren deh :) tentang remaja bgt :P keep it yakh :)

    ReplyDelete
  3. Ini bloggernya cewek ya...???
    Mampir di blog gw ya...???
    >> Famjas.com

    ReplyDelete
  4. Kamu Pengen gak sihh???
    Punya wajah cerah sehat alami, bebas jerawat, bebas flek hitam, bebas kerutan, bebas komedo & bebas mata panda/kantung mata??
    Ini niihh... Solusi yg tepat utk itu semua. Paket cantik cerah sehat alami ala MSI.
    Yg tnpa efek smping, aman & halal. krn udh izin BPOM, MUI & Depkes. Jgn asal pakai produk perawatan wajah ya say...
    Cek & ricek dahulu apakah produknya bnr-bnr aman & halal.
    Jgn cuma pengen kinclong instan, tapi endingnya merusak wajah bahkan terjangkit kanker kulit....

    yuuk..chatt me aja yg mw order.
    Pin bbm 554456a9
    Wa 085277771741

    ReplyDelete